DM Property

Psikolgi Warna

Mudah Stress? Perhatikan Warna Cat Pada Ruangan Anda

Secara umum warna didefinisikan sebagai spektrum yang berada di dalam cahaya, dimana warna-warna akan muncul dipengaruhi oleh gelombang cahaya itu sendiri. Namun, Pernahkah Anda berpikir bahwa warna ruangan memiliki keterkaitan dengan kondisi psikologis seseorang?

Ternyata keberadaan warna di alam telah terbukti memiliki pengaruh yang sangat besar pada makhluk hidup di sekitarnya. Tidak hanya reaksi biologis pada seluruh makhluk hidup, warna juga dapat berpengaruh pada kondisi psikologis manusia.

Psikologi Warna dalam Perancangan Interior dan Exterior Rumah

Psikolgi Warna

Psikolgi Warna

Saat ini psikologi warna mulai diterapkan dalam perancangan interior dan exterior rumah. Mengutip dari laman blog kompasiana.com, pemilihan warna yang salah dalam suatu ruangan dapat menimbulkan perasaan kurang nyaman bahkan membawa dampak buruk pada kondisi psikologis seseorang. Setiap warna memang memiliki dampak positif maupun negatif kepada seseorang, namun tergantung pada penerapannya masing-masing.

Penerapan warna pada ruangan biasanya berkaitan dengan kondisi psikologis seseorang dan tentunya akan mempengaruhi tubuh, pikiran, dan emosi serta keseimbangan dari ketiga hal tersebut. Oleh karena itu pemilihan warna pada ruangan menjadi hal yang perlu diperhatikan dan jangan sampai salah menerapkan warna pada ruangan di rumah Anda.

Suasana Nyaman Pada Ruangan Dipengaruhi Oleh Warna

Ruangan yang nyaman

Ruangan yang nyaman

Kombinasi warna yang dipilih tentunya akan memberikan kekuatan yang luar biasa untuk menciptakan suasana pada ruangan. Warna bisa menciptakan suasana ruangan menjadi tenang, nyaman, bahkan bisa menurunkan kadar stres dalam diri seseorang.

Kesalahan dalam pemilihan warna bisa berdampak buruk bagi kondisi psikologis seseorang, terutama bagi orang-orang dengan kebutuhan khusus. Hindarilah penggunaan warna gelap. Anda bisa menerapkan warna lembut dengan intensitas rendah seperti warna-warna pastel. Warna-warna pastel ini bisa menciptakan suasana pada ruangan menjadi lebih lembut, nyaman, aman dan tenang.

Gunakan Warna Lembut untuk Mengurangi Stres

Warna pastel pada ruang tamu

Warna pastel pada ruang tamu

Ketika Anda sedang stres, cemas ataupun marah, mungkin seringkali Anda tidur atau istirahat dengan kondisi yang tidak nyaman. Namun sebaliknya, jika suasana hati Anda merasa tenang dan santai, maka istirahat Anda akan terasa lebih nyaman dan mudah.

Untuk menciptakan suasana yang nyaman pada rumah maka Anda perlu memilih warna lembut, dan tampilan sederhana. Gunakan interior berwarna lembut dan berikan hiasan simpel agar rumah Anda terlihat lebih manis dan tidak terlalu monoton.

Hindari Warna Berat yang Mudah Memicu Stress

Warna ruangan

Warna ruangan berat memicu stress

Jika Anda termasuk orang yang mudah mengalami stres, maka Anda bisa menghindari warna-warna berat dan gelap untuk diaplikasikan pada ruangan di rumah. Menurut studi yang dilakukan di Minnesota State University, tingkat stres pada diri seseorang akan meningkat ketika berada di ruangan yang berwarna merah. Jadi, Anda bisa menghindari pengaplikasian warna merah pada ruangan di rumah Anda, terutama di area kamar tidur.

Apakah saat ini Anda terinspirasi untuk mengubah warna cat pada ruangan di rumah? Pastikan kembali warna yang dipilih bisa menjadi terapi untuk mengurangi stres pada diri Anda dan keluarga ya. Perumahan DM Village Wirokerten merupakan salah satu perumahan di Jogja yang mengutamakan pilihan warna lembut untuk diterapkan di dalam hunian.

Penulis utama blog.

Pos Komentar