DM Property

tips membayar pbb

Tips Membayar PBB Mudah Melalui ATM

Membayar pajak adalah kewajiban setiap warga negara, salah satunya membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB). Pajak Bumi Bangunan (PBB) istilah ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah memiliki rumah sendiri. PBB merupakan pajak yang diberikan kepada pemilik properti, adapun objek PBB adalah tanah ataupun bangunan. Setiap orang memiliki besaran PBB yang berbeda, dilihat dari seberapa luas tanah dan besarnya bangunan yang dimiliki.

Namun, seringkali pemilik properti mengabaikan atau lupa untuk membayar tagihan PBB. Tagihan PBB ini biasanya akan muncul setiap awal tahun dan batasan pembayaran biasanya dilakukan bulan agustus. Untuk membayar PBB sendiri Anda bisa melakukannya di banyak tempat, mulai dari bank, kantor pos sampai kantor walikota.

Tapi tahukah Anda? Saat ini Anda tidak perlu repot lagi untuk membayar tagihan PBB. Karena tagihan PBB kini bisa dibayar melalui mesin ATM. Anda akan lebih leluasa membayarnya tanpa perlu menghabiskan waktu terlalu lama. Berikut ini tips membayar PBB melalui ATM.

Keuntungan Membayar PBB Melalui ATM

Bicara tentang keuntungan membayar PBB melalui ATM, tentu saja ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya, Anda tidak perlu repot-repot untuk mengantri di kantor pos atau bank. Anda juga tidak perlu meluangkan waktu lama untuk mengunjungi kantor walikota untuk membayar PBB. Cukup datang ke mesin ATM terdekat, maka Anda sudah bisa membayar tagihan PBB. Tips membayar PBB yang sangat mudah bukan?

Cara Membayar PBB Melalui ATM

  1. Datanglah ke mesin ATM terdekat dari lokasi Anda
  2. Masukan kartu ATM serta pinnya
  3. Pilih menu “Transaksi Lainnya”
  4. Pilih menu “PBB”
  5. Masukan Nomor Objek Pajak PBB Anda
  6. Masukan tahun pembayaran
  7. Di layar ATM Anda akan muncul besaran tagihan pajak dan nama Anda. Jika benar, maka Anda tinggal klik “Bayar”, kemudian transaksi selesai.

Tidak Semua ATM Melayani Transaksi PBB

Perlu Anda perhatikan kembali, tidak semua mesin ATM bisa melayani ppembayaran PBB. Adapun beberapa ATM bank yang dapat Anda gunakan untuk membayar PBB adalah, ATM Bank DKI, BCA, Mandiri, BRI, Danamon, CIMB Niaga, BNI, dan BTN. Oleh karena itu, pastikan Anda membayar melalui salah satu ATM bank di atas.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan pada saat melakukan transaksi melalui ATM. Anda harus menyimpan baik-baik struk pembayaran ATM. Karena struk tersebutlah yang menjadi bukti pembayaran Anda, atau Anda bisa melakukan konfirmasi struk tersebut pada kantor kecamatan untuk mendapatkan bukti lunas pembayaran PBB.

Penulis utama blog.

Pos Komentar