DM Property

merawat bak mandi

Bebas dari Penyakit, Begini Cara Merawat Bak Mandi yang Benar

Anda masih memiliki bak mandi di rumah? Jika ya, apakah Anda merawat bak mandi dengan baik dan membersihkannya secara berkala? Terlepas dari fungsinya, baik bak mandi tersebut ada di kamar mandi atau hanya digunakan sebagai wadah penampungan air, kebersihannya sangatlah penting untuk dijaga.

Minimnya perawatan bak mandi atau kesalahan dalam merawatnya meneyebabkan risiko buruk bagi kesegatan penghuni rumah Anda. Apalagi jika bak mandi yang Anda miliki digunakan untuk air yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu, berikut ini cara merawat bak mandi di rumah dengan baik dan benar.

Kuras Bak Mandi Secara Berkala

Kuras bak mandi secara berkala

Salah satu cara untuk merawat bak mandi salah satunya dengan mengurasnya secara berkala. Menguras bak mandi secara berkala adalah hal yang wajib Anda lakukan ketika memiliki bak mandi. Dengan menguras bak mandi maka kualitas dan kebersihan dari wadah penampung air tersebut tetap terjaga. Hal ini juga dilakukan untuk menjaga air yang tertampung di bak mandi bersih dan tidak ada endapan yang membuat kualitas air menjadi kotor. Menguras bak mandi juga menjaga air tetap bersih dan terhindar dari jentik-jentik nyamuk yang berkembang.

Sikat dan Bersihkan Dinding Serta Dasar Bak Mandi

Ternyata menguras bak mandi saja tidak cukup. Setelah menguras, Anda bisa bersihkan bak mandi dan menyikat bagian dalam serta setiap sisi bak mandi. Apalagi jika bak mandi Anda terbuat dari keramik yang memiliki sela-sela diantaranya. Anda perlu membersihkan secara maksimal agar jamur dan lumut yang menempel di sela-sela dapat bersih secara sempurna.

sikat dinding bak mandi secara rutin

Jika sudah selesai menyikat bak mandi, maka jangan serta merta langsung gunakan bak mandi untuk menampunga air. Anda bisa membilasnya terlebih dahulu dan memastikan seluruh kotoran terangkat. Setelah semua bersih, barulah Anda bisa menggunakan bak mandi tersebut untuk menampung air kembali.

Pastikan Bak Mandi Tertutup

Setelah menguras, membersihkan bak mandi, dan menampung air kembali, maka yang perlu Anda lakukan adalah menutup bak mandi tersebut. Apalagi jika wadah penampung air tersebut berada di luar kamar mandi, Anda wajib menutupnya dengan rapat. Mengingat wabah demam berdarah yang sering melanda di Indonesia, tentu sangat dianjurkan menutup bak mandi dengan rapat untuk mencegah jentik-jentik nyamuk tumbuh. Anda juga bisa menambahkan bubuk abate untuk mencegah hidupnya jentik-jentik nyamuk.

Perhatikan Sisi Bak Mandi Agar Tidak Ada yang Bocor

merawat bak mandi
pastikan sisi-sinya tidak ada yang bocor

Banyak orang yang seringkali tidak menyadari bahwa bak mandi yang dimiliki bocor. Namun, biasanya kebocoran terjadi disebabkan usia wadah penampungan yang sudah cukup lama. Jika Anda berhasil menemukan sumber kebocoran, Anda perlu menambalnya dengan lem khusus anti air. Namun, sebelum digunakan kembali pastikan lem sudah benar-benar kering agar bahan kimi yang terkandung di dalamnua tidak terkontaminasi dengan air yang ditampung.

Penulis utama blog.

Pos Komentar