DM Property

Membayar DP Rumah

Bingung Cara Membayar DP Rumah? Ini Dia Tipsnya!

Down Payment (DP), bagi sebagian orang yang pertama kali ingin membeli rumah, mungkin akan merasa bingung dengan cara membayar DP rumah. Lalu bagaimana sebenarnya sistem pembayaran DP rumah yang seharusnya? Berikut ini tips membayar dp rumah sesuai dengan kondisi keuangan Anda,

Pikirkan Kondisi Keuangan Sebelum Membeli

Pikirkan kondisi keuangan

Rumah memang menjadi kebutuhan pokok bagi setiap orang. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membelinya, pastikan kembali budget rumah yang akan dibeli sesuai dengan keuangan Anda. Kondisi keuangan benar-benar harus Anda pikirkan secara matang. Darimana sumber pembayaran rumah Anda, Apakah sumber tersebut jumlahnya tetap. Jangan sampai Anda merasa terbebani, karena memaksakan membeli rumah yang tidak sesuai dengan budget keuangan saat ini.

Pilih Metode Pembayaran yang Memudahkan Anda

Pilih metode pembayaran

Dengan kondisi keuangan yang Anda miliki saat ini, Anda bisa memilih metode pembayaran yang memudahkan. Misalnya saja, pembayaran rumah dengan sistem KPR. KPR ini akan memudahkan Anda dengan mengangsur cicilan per bulannya. Namun, tentunya Anda tetap harus memperhatikan angsuran perbulannya dan sesuaikan juga dengan budget setiap bulannya. Banyak bank yang menawarkan beberapa pilihan KPR dan tugas Anda mencermati pilihan KPR yang ditawarkan. Pilihlah angsuran yang tidak memberatkan.

Perhatikan Dengan Baik Sistem Pembayaran Down Payment (DP)

Perhatikan sistem pembayaran DP

Pembayaran DP rumah biasanya bisa dilakukan satu kali bayar ataupun dengan cara diangsur beberapa kali. Jika Anda menyanggupi untuk membayar DP rumah sekaligus tanpa diangsur, maka Anda bisa mengoptimalkannya. Namun, jika Anda memilih untuk diangsur, maka Anda bisa menggunakan 40% dari pendapatan Anda perbulan untuk mengangsur DP. DP bisa Anda angsur langsung kepada pengembang.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah menyisihkan sebesar 40% dari penghasilan Anda perbulan. Misalnya saja, Anda memiliki penghasilan sebesar 3juta perbulan, maka 40% dari penghasilan Anda sebesar 1,2 juta. Jumlah tersebutlah yang harus Anda sisihkan setiap bulannya untuk mengangsur DP dan nantinya Anda bisa gunakan juga untuk mengangsur cicilan KPR.

Mengangsur Down Payment Secara Langsung Ke Pihak Pengembang

Selain membayar DP dengan cara menangsur pada bank, Anda juga bisa melakukannya kepada pengembang. Ada banyak pengembang yang menawarkan bantuan semacam ini, salah satunya DM Baru Propertindo. Namun tentunya Anda perlu mencermati kembali pengembang mana yang baik untuk Anda. Jangan sampai Anda salah pilih pihak pengembang. Anda juga bisa mencari informasi terlebih dahulu semebelum mengangsurnya pada pengembang.

Penulis utama blog.

Pos Komentar