DM Property

tanda rumah sehat

5 Tanda Rumah yang Sehat

Memiliki rumah yang nyaman adalah impian setiap orang. Namun hunian bisa terasa nyaman sebenarnya tidak bisa lepas dari lingkungan yang bersih dan sehat. Rasa nyaman akan tercipta jika Anda merawat dengan baik lingkungan sekitar rumah yang saat ini ditinggali. Berikut ini 5 tanda rumah sehat, apakah rumah Anda sudah memenuhi kriteria tersebut?

Membersihkan Rumah Secara Berkala

Membersihkan rumah secara berkala

Rumah yang sehat akan diperoleh jika Anda rutin membersihkannya secara berkala. Jika tidak membersihkannya dengan rutin maka debu mudah menumpuk, lembap, dan kenyamanan tidak akan tercipta. Menurut American Lung Association, alergi dan asma banyak disebabkan oleh tungau debu. Oleh karena itu kebersihan rumah menjadi hal yang patut diperhatikan. Jangan biarkan debu dan kotoran lainnya memenuhi rumah Anda.

Gunakan Furnitur yang Ramah Lingkungan

Furnitur ramah lingkungan

Kini trend hidup sehat memang sedang digemari oleh banyak orang. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba menerapkannya di keseharian. Gunakanlah furnitur yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan alami agar Anda dan keluarga di rumah terjaga kesehatannya. Selain itu, furnitur ramah lingkungan biasanya terbebas dari segala macam zat kimia yang berbahaya sehingga Anda bisa menciptakan lingkungan rumah yang sehat.

Minimalisir Penggunaan Bahan Kimia

Kurangi penggunaan bahan kimia

Salah satu tanda rumah yang sehat menurut Erin Stair, Doctor of Medicine adalah menghindari penggunaan bahan kimia. Rumah yang sehat adalah ketika penghuninya memanfaatkan bahan alami sebagai alat pembersih rumah seperti cuka ataupun soda kue. Lagipula penggunaan bahan kimia berlebihan bisa menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya untuk Anda. Apabila Anda ingin menciptakan rumah yang sehat, mulai saat ini minimalisir atau tinggalkan penggunaan bahan kimia.

Ventilasi Udara Cukup Menciptakan Sirkulasi Udara yang Baik

Sirkulasi Udara yang Baik

Apakah saat ini ventilasi di rumah Anda sudah cukup dan sirkulasi udara sudah cukup baik? Salah satu cara memastikan bahwa rumah Anda masuk dalam kategori rumah yang sehat adalah memastikan setiap ruangannya memiliki ventilasi udara yang cukup dan sirkulasi udaranya baik. Jika ventilasi kurang maka sirkulasi udara pada setiap ruangan buruk, hal ini selain bisa mengganggu kesehatan pernafasan juga berpengaruh pada pencahayaan pada ruangan. Solusinya, Anda bisa mendesain setiap ruangan agar memiliki bukaan jendela atau gunakan exhaust fan pada ruangan-ruangan tertentu di rumah.

Rumah yang Bebas dari Hama Pengganggu

Idealnya rumah yang sehat tentunya terbebas dari hama pengganggu seperti kecoa, rayap ataupun tikus. Apakah Anda seringkali terganggu oleh hama seperti kecoa atau tikus dirumah? Jika iya, coba pastikan kembali konstruksi rumah Anda serta isinya terawat dan rutin dibersihkan. Kemudian Anda bisa memanfaatkan obat pengusir hama alami dan jaga kebersihan rumah agar tetap sehat.

Memiliki rumah yang sehat memang idaman setiap orang, namun Anda juga berhak untuk menciptakannya sendiri. Hanya di DM Village Wirokerten Anda bisa mewujudkannya karena hanya disini salah satu perumahan di Jogja yang memiliki lingkungan sehat dan asri.

 

Penulis utama blog.

Pos Komentar